Flores, Aku Datang!!

Flores, adalah mimpi kecilku yang belum pernah terwujud secara nyata, dulu pernah sih aku kesini, tapi kegiatan pramuka dan hanya 1 malam aku disini, sejak saat itu aku berjanji akan kembali kesini entah itu tahun 2020 atau tahun 2021 nanti. Aku cuma bisa berdoa dan berharap mimpi ini segera menjadi nyata.

Tulisan ini akan lengkap seiring jalannya waktu, foto akan ditambahkan selama perjalanan ini.

2013 adalah pertama kali aku menginjakan kaki ke tanah Flores, kalau dipikir itu sudah lama sekali bahkan memoriku tentang Flores sudah hilang, saat ini aku merencanakan perjalanan jauh dengan Siti Mustiani, kami memang punya banyak mimpi, salah satunya melihat indahnya Indonesia dengan sepeda motor. Semoga aja jalan ini akan berhasil dan terjadi.

2018 kemarin kami sudah memulai sebuah langkah kecil, berjalan melintasi Jawa, Bali sampai Lombok dengan sepeda motor, mimpi besar kami keliling dunia, cuma sesimpel ini aja sih 🙂 Destinasi apa yang akan aku kunjungi?

Selama perjalanan ke Flores mungkin aku akan kembali ke beberapa tempat yang aku anggap wajib dikunjungi lagi, karena keindahan alam Indonesia belum ada tandingannya di dunia ini 🙂

Gunung Prau

Ini adalah destinasi pertama yang akan aku kunjungi setelah sampai di Kota Semarang, menaiki motor ke arah Wonosobo dan mendaki Gunung Prau, katanya mendaki disini bisa santai, jadi mungkin ini adalah tempat yang cocok bagi aku dan dia 🙂

Explore Jawa Barat

Setelah turun Gunung Prau, tujuan kali ini adalah Kota Bandung dan sekitarnya, nah rencananya aku akan berwisata di kota ini di beberapa tempat yang memang bagus dan bisa di bilang hits. Tujuan aku paling utamana adalah Green Canyon dan Gunung Papandayan, selebihnya hanya pelengkap trip dan pemanisnya. Alokasi waktu yang aku butuhkan selama disana sekitar 1 minggu.

Explore Jogjakarta

Tujuan selanjutnya adalah Kota Pelajar, Jogjakarta. Disini aku mau ke beberapa tempat yang memang terkenal, tidak ada tujuan utama, tapi mungkin aku lebih banyak jalan-jalan ketempat yang belum pernah aku kunjungi. Aku juga berencana selama seminggu.

Bromo Tengger Semeru National Park, Jawa Timur

Taman Nasional ini memang menjadi favorit aku untuk menjelajah dan mencari spot foto, nah aku disini berenca ketempat pak Hadi di Gubuklakah. Aku berencana mendaki Gunung Semeru dan bermalam di Ranu Kumbolo serta menikmati Sunrise di Gunung Bromo, ada kemungkinan juga kami menumpang jeep untuk ke Penanjakan 1 Gunung Bromo. Nah pulang dari Bromo atau Semeru aku punya planning ke Kampung Warna Warni, Jodipan, Kota Malang.

Coban Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Nah destinasi satu ini memang buat aku penasaran, aku belum pernah sampai ke bawah dan pengen banget mengulang ke tempat ini, pastinya lebih pagi untuk kemari. Aku juga punya rencana besar ditempat ini, foto menggunakan drone dengan background Gunung Semeru.

Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Setelah dari Lumajang, tujuan kali ini memang aku belum pernah, Gunung Ijen, gunung yang mempunyai ciri khas blue fire ini bener-bener buat aku penasaran, rencana paling relevan adalah aku kesini pada siang atau sore hari istirahat dan tengah malam aku mulai mendaki Gunung Ijen 🙂

Nusa Penida, Bali

Bali, mungkin aku sampai di Pulau Dewata ini pada siang atau mungkin sore hari, nah rencananya aku akan bermalam di bali sebelum besok pagi ke Nusa Penida, nah tujuan aku di Nusa Penida ini adalah Pantai Kelingking, Angel Bilabong, Broken Beach dan lain sebagainya. Mungkin di Bali akan menjadi petualangan yang sangat seru. Oh ya, di Bali aku juga akan ke beberapa tempat yang indah, tapi masih rahasia.

Gili Trawangan, NTB

Ini destinasi andalan aku nih, jadi aku punya rencanya nginap di Gili Trawangan lagi tapi di Villa Ombak Sunset. Kebayang dong ya gimana rasanya bisa nginap disini, nah ini bener-bener bucket list yang aku siapkan, selain Snorkeling Trip dan Surfing di Gili Trawangan, rencana sih 2 malam, tapi liat saja nanti 🙂

Sembalun dan Senaru, Lombok, NTB

Disini adalah tempat yang bikin kangen, kangen karena keramahan penduduk sekitar kaki Gunung Rinjani, Tujuan di Sembalun jelas aku di Bukit Pergasingan dan tujuan di Senaru adalah air terjun Tiu Kelep. Semoga aku diberi kesempatan untuk kesini 🙂

Pulau Kenawa, Sumbawa, NTB

Mungkin sudah banyak yang tau kalau Pulau Kenawa NTB adalah pulau yang unik, pulau dengan latar belakang bukit dan savana membuat mata kita dimanjakan disini, ini adalah destinasi paling utama yang akan aku kunjungi karena tahun lalu kami gagal untuk kesini 🙂

Pulau Moyo, Sumbawa, NTB

Pulau Moyo memang menjadi destinasi paling aku idamkan, terutama destinasi Air Terjun Mata Jitu, air terjun yang menurutku sangat spesial dan unik. Selain air terjun juga ada destinasi lain yang tidak kalah bagus, seperti pantai dan dunia bawah lautnya. Ini juga adalah destinasi yang gagal kami kunjungi tahun lalu 🙂

Bima, Sumbawa, NTB

Kota Bima di Pulau Sumbawa memang mengesankan, dari sini aku bisa pergi kemana saja, melihat hiu paus, mendaki Gunung Tambora, menjelajah Pulau Satonda serta ke Pulau Ular. Ohya, konon katanya pantai pink di Bima sangat indah, nah aku juga mau membuktikannya. Bima adalah salah satu kota yang mungkin aku lewatin beberapa kali, termasuk ke Makasar juga melewati kota ini 🙂

Komodo National Park, Labuan Bajo, NTT

Taman nasional yang uda diakui keindahannya didunia, destinasi paling utamaku disini adalah Pulau Padar. Kalau diizinkan melihat Komodo itu lebih baik, soalnya ada wacana 2020 pulau yang ada Komodo menjadi wisata esklusif. Ga muluk-muluk deh, yang bisa aku jelajahi aja deh, dan terpenting aku bisa menjelajah pulau Komodo.

Waerebo, NTT

Negeri diatas awan, dengan rumah adat yang unik, ditambah kita harus tracking untuk kesini menjadi bumbu perjalanan yang tentunya sangat mengesankan, ngumpul bareng anak-anak kecil di desa Waerebo serta menginap langsung di Rumah adat Waerebo.

Kelimutu, NTT

Danau Kelimutu yang terletak di Gunung Kelimutu, Ende adalah tempat favourite selanjutnya, nah disini kita bisa melihat langsung danau tiga warna serta sunrise di pagi hari. Akses ke danau ini juga cukup mudah. Jadi bisa jadi rekomendasi perjalanan kami.

Rote, NTT

Pulau paling selatan di Indoensia ini juga menjadi salah satu tujuan kami, kesini mungkin agak capek karena jarak yang panjang dan mungkin harus bermalam juga jika disini 🙂 Rote banyak tempat indah dan mungkin bisa menjadi salah satu destinasi surfing yang aku cari selama ini. Aku rasa disini adalah tempat paling berkesan, selain paling selatan Indonesia, mungkin juga ada surga yang cepat atau lambat aku bakal tau.

Sumba, NTT

Sumba, mulai terkenal sejak film “Susah Sinyal” karya Ernest Prakasa, keindahan Sumba memang ga ada duanya sih, dari bukit sampai pantainya indah banget, belum lagi rumah adat, air terjun serta lagon yang berada di tanah sumba ini menjadi ciri khas tersendiri pulau Sumba.

Explore Sulawesi Selatan

Ngomongin soal Sulawesi Selatan banyak tempat yang bener-bener wajib aku kunjungi nih, dari mulai Pantai Losari, Pulau Samalona, Taman Laut Taka Bonerate, Pulau Gusung, Taman Nasional Bantimurung, Karst Ramang-Ramang, Malino sampai Tana Toraja, membentang dari selatan ke utara, pasti sangat mengasikan, mungkin habis 1 mingguan kali kalau kesini 🙂

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, ah mungkin uda terlalu terkenal dengan keindahan bawah lautnya, tapi aku adalah orang yang penasaran sebelum aku melihatnya langsung, memang ada rencana untuk nyelam disini, atau hanya sekedar snorkeling aja kayaknya uda lebih dari cukup 🙂

Explore Ambon, Maluku

Ambon? wah aku pengen banget nih ke Ora Beach dan Pulau Kei, dua tempat ini memang surga sih menurutku, bisa nyantai, snorkeling bahkan berfoto dengan latar yang kece abis, mungkin agak lama aku di Kota Ambon, mungkin sekitar seminggu atau 2 minggu deh, soalnya masih banyak tempat yang pengen aku jelajahi 🙂

Raja Ampat, Papua Barat

Salah satu destinasi Favorit nih, Raja Ampat, mungkin bisa berhari-hari menghabiskan waktu disini, tujuan utama tetap Misol dan Wayag sih, tapi mungkin ada yang lain kalau uda kesana, liat aja sih aku akan kemana aja kalau uda disini 🙂

Morotai, Maluku Utara

Pulau yang merupakan sejarah perang dan keberagaman ini adalah destinasi yang bener-bener wajib aku kunjungi, disini aku mungkin agak sedikit lama, ga tau tepatnya berapa lama, yang pasti aku menunjukan apa saja yang ada di Pulau Morotai.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Kawasan Taman Laut Bunaken adalah tujuan aku selanjutnya, taman laut yang terletak di Sulawesi Utara ini memang cukup terkenal terutama pada saat Sail Bunaken tahun 2009 lalu, dimana saat itu ribuan penyelam memecahkan rekor penyelaman secara bersama. Taman Laut Bunaken adalah situs warisan dunia yang memiliki banyak spot snorkeling dan diving.

Pulau Togean, Sulawesi Tengah

Pulau Togean adalah miniatur kecil Raja Ampat di pulau Sulawesi, barisan pulau yang indah menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi alasan saya untuk berkunjung ke daerah ini. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan, dari snorkeling sampai becengkrama dengan warga disekitar Pulau Togean. Paling menarik mungkin adalah berswafoto dengan latar pemandangan pulau yang bertaburan dan unik.

Pulo Cinta, Gorontalo

Pulau Cinta adalah tempat yang unik dan dikenal sebagai mini Maldives Indonesia, mungkin karena pulau ini mempunyai resort yang terbilang mahal, bentuk seperti hati dan mempunyai keunikan pasir dan jembatan kayu disemua resort. Disetiap kamar di resort ini juga mempunyai hammock untuk bersantai.

Pusat Laut Dongala, Sulawesi Tengah

Pusat Laut Dongala adalah sumur alami raksasa, sejujurnya aku tau tempat ini dari bg Ode, tempat yang menurutku unik dan bisa banget jadi tempat untuk refreshing setelah jalan jauh. Mungkin kalau secara foto agak kurang, tapi kalau segi menikmati, ini salah satu yang terbaik.

Derawan, Kalimantan Timur

Derawan menjadi salah satu tempat yang wajib aku kunjungi. Disini aku pengen banget ke danau Kakaban, Labuhan Cermin, bertemu dengan Whale shark, sebenernya yang paling pengen itu menyelam disini, tapi kayaknya ga memungkinkan kalau road trip, tapi liat saja nanti 🙂

Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Tanah Laut aku berfokus pada Bukit Telang Pelaihari, bukit yang memiliki keunikan savana ini menjadi daya tarikku. Belum ada gambaran sih gimana bukitnya, semoga sesuai dengan ekspetasiku, karena aku belum pernah dapat pemandangan savana luas di perbukitan

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Mungkin tempat ini udah ga asing lagi buat orang Kalimantan, disini ada primata Orang Utan yang sangat terkenal, disini juga mempunyai tempat untuk menjelajah dan susur sungai juga menggunakan perahu wisata.