Manajemen Perjalanan Dengan Sepeda Motor

Membawa kendaraan sendiri kesuatu tempat memang menyenangkan, bisa kemana-mana tanpa khawatir ga ada moda transportasi umum. Ya, sekarang pengen cerita gimana cara memanajemen perjalan dengan sepeda motor. Apalagi pasti bakal kepikiran soal bensin dan transport motor itu sendiri. Tapi tenang saja, aku akan coba bercerita, kenapa aku bisa melakukannya.

Bahan Bakar

Kalau jalan jauh, jangan pelit deh keluar uang untuk bahan bakar, terutama mengisi bahan bakar motor dengan Pertamax, ga bakalan rugi kok, secara Pertamax dibuat supaya kita bisa memaksimalkan kendaraan dan menghemat bahan bakar. Patokannya seperti ini kalau motor Yamaha Jupiter Z 2006, aku bisa menghabiskan 4 jam perjalanan dengan Pertamax yang full tank tanpa berhenti, ya kira-kira bisa dapet 200-250 kilometer, seharga 32 ribu dengan harga pertamax perliter 8 ribu rupiah. Lumayan hematkan untuk jalan jauh? Sedangkan kalau aku pake Pertalite hanya bisa dapat 170-200 kilometer, seharga 28 ribu dengan harga pertalite 7 ribu rupiah perliter, itupun ga ada jaminan kalau mesin akan baik-baik saja. Lagipula cuma beda 4 ribu rupiah, jangan pelit deh..

Ganti Oli

Hal yang cukup penting nih, tapi kebanyakan ga tau caranya. Jadi alur ganti oli itu seperti ini, kalau uda jalan terus selama 4 hari dalam kurun waktu 48 jam, ganti oli deh, jangan pelit!!! Oli hanya sekitar 37-45 ribu rupiah kalau makai Yamalube Silver, itu uda baik banget buat motor kalian. Nah kalau kondisinya ga ada bengkel ya usahain gimana caranya kalian menghemat perjalanan kalian, jangan dipaksa, karena kalau oli kering akan berdampak kepada mesin. Selalu bawa tang untuk mengontrol oli, apakah masih ada, atau malah uda kering? Satu lagi, bijaklah dalam memakai kendaraan, karena kendaraan juga butuh istirahat, jangan sering dipacu ya. Oli kering sama dengan kalian ga bisa pulang! Atau solusi alternatif harus ganti mesin, kan ga lucu yak. wkwkwk

Servis Kalbulator

Service kalbulator, ga terlalu penting sih, tapi kalau suara motor uda menjerit, sebaiknya service kalbulator, kalau dalam perjalanan aku service 4 minggu sekali, karena kalbulator jangan terlalu sering dibuka, bautnya bisa longar. Selalu ingatkan montir agar sebersih mungkin kalau service kalbulator, kalau bisa dicek sekalian aliran bensinnya sama gas masi oke atau uda bermasalah. Untuk biaya service kalbulator beragam dari 15-40 ribu rupiah ya, tergantung bengkel juga.

Rem Tangan dan Rem Kaki

Sekarang masuk kemasa pengecekan, rem sudah seharusnya dicek sebelum bepergian, jangan pelit ganti kanvas motor, karena kita ga tau medan yang akan kita laluin seperti apa. Biaya untuk ganti kanvas mulai dari 35-50 ribu rupiah, murah kan, jadi jangan pelit ya. Satu lagi nih, kalau remnya sudah beres jangan lupa lampu rem, ini juga yang sering dilupakan, jangan sampe kecolongan ya soal hal sepele ini.

Ban dan Rantai Motor

Ban yang aku gunakan adalah ban cangkul, kenapa ban cangkul? lebih mudah aja sih untuk segala medan, ga usah khawatir bakal selip juga, ya bisa dibilang ban ini lumayan tangguh untuk jalan jauh. Harganya relatif murah hanya sekitar 350 ribu perpasang, bisa dipake sampai setahun. Nah kalau rantai pake yang terbuat dari baja, harganya sekitar 185 ribu yang asli, dijamin deh perjalananmu bakal aman dan ga usah takut ada apa-apa berkaitan dengan ban dan rantai.

Lampu Motor

Lampu motor termasuk penting dan harus sering dicek, oh ya, pakai lampu sesuai standar ya, ada beberapa tempat di Jawa yang tidak mengizinkan lampu motor yang bervariasi, jadi bisa kena tilang, kan ga lucu, niat jalan-jalan malah harus kena tilang. Lampu standar motor seperti punyaku hanya sekitar 25 ribu rupiah. Jadi kalau ada lampu utama mati, langsung ganti ya. Untuk keselamatan kita juga.

Aksesoris Tambahan

Memakai motor apalagi bergoncengan sepertinya harus ditambah aksesoris tambahan seperti bambu di ujung jok bagi yang bergoncengan, supaya yang digonceng ga merasa kelelahan dan capek membawa tas kita. Biasanya bambu handmade aja ya, paling cari bambu kuning dihutan lalu ikat dijok belakang motor. Mudah dan simpel kan?

Inilah sesuatu yang harus kalian penuhi dalam perjalanan menggunakan motor. Berat? jalani aja dulu, nanti akan terasa ringan kok 🙂

Sekian dan Terimakasih
Salam,

Yandy Koresy

1 thought on “Manajemen Perjalanan Dengan Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *